KakaoTalk, Apa Itu? | Teknol

KakaoTalk, Apa Itu?


Belakangan ini, saya sering menonton iklan KakaoTalk yang dibintangi oleh Sherina Munaf dan para personel Big Bang. Yang jargonnya: FreeTalkKakaoTalk. Saya mengernyitkan dahi, apa sih KakaoTalk itu? Kakao = cokelat, Talk = bicara, so cokelat yang bisa bicara? What i'm thinking about it? Ups salah!!!

Yang dapat saya tangkap dari iklan itu adalah KakaoTalk adalah aplikasi yang bisa diunduh oleh pengguna smartphone Android, iOS, dan BlackBerry. Ya, semacam aplikasi untuk chatting model BlackBerry Messenger (BBM). Segitu saja yang saya tahu.

KakaoTalk untuk BlackBerry

Tapi...

Sebenarnya bukan hanya itu.

Berdasarkan data yang saya baca di Wikipedia (mudah-mudahan tidak salah), menurut sejarahnya KakaoTalk rilis kali pertama pada 18 Maret 2010 oleh perusahaan Kakao Inc. Awalnya, aplikasi ini hanya dibuat khusus untuk para pengguna Android dan iOS saja, tapi tanggal 11 Agustus 2011, KakaoTalk untuk BlackBerry versi beta dirilis. 

Bisa dikatakan bahwa KakaoTalk untuk BlackBerry merupakan pengembangan dari aplikasi bernama WhatsApp dan Yahoo! Messenger. Karena, KakaoTalk menggunakan nomor SIM card dan ID sebagai Pin. 

Apa kelebihan KakaoTalk?

  1. Aplikasi KakaoTalk memungkinkan anda untuk melakukan file sharing dan mengirimkan serta menerima gambar, video, voice note, dan kontak
  2. Aplikasi KakaoTalk terintegrasi ke dalam sistem, sehingga pesan baru akan tetap diterima walaupun smartphone atau gadget anda dalam kondisi off, dan akan tersampaikan ketika anda menyalakan smartphone atau gadget anda.
  3. Pesan akan dikirimkan secara langsung, dan status pesan yang dikirimkan dapat terlihat melalui berbagai notifikasi yang ada
  4. Aplikasi KakaoTalk bersifat global dan tidak terbatas
  5. Tidak ada iklan yang muncul ketika anda sedang menggunakan aplikasi KakaoTalk ini
  6. Privasi anda akan terjaga karena terdapat fitur Passcode Lock, dan anda akan dapat menyimpan data pembicaraan anda dengan menggunakan fitur Backup dan mengirimkan data tersebut ke email anda.


Menurut iklan yang saya tonton itu, KakaoTalk bisa untuk menelepon for free. Benar tidaknya, saya belum tahu soalnya saya baru mau menjajal nih. 

Sebelumnya, KakaoTalk hanya support untuk OS BlackBerry 5 ke atas. Oke, bagi yang mau mengunduh KakaoTalk untuk BlackBerry sila ke AppWorld ya. Untuk versi OTA sila ke kakao.com/blackberry/ota ... ^^

Post a Comment